Macam Macam Limbah Berdasarkan Sumbernya

Macam Macam Limbah Berdasarkan Sumbernya – Limbah yang ada disekitar kita apabila dibiarkan begitu saja maka akan  banyak menimbulkan masalah yang mengganggu  kesehatan mahluk hidup dan mengganggu ekosistem. Limbah paling banyak dihasilkan oleh aktivitas atau kegiatan manusia, maka sudah sepantasnya mereka harus bertanggung jawab. Dalam kehidupan sehari-hari pembuangan limbah yang dilakukan tidak benar. Agar dapat diolah kembali, seharusnya limbah tersebut harus dikelompok-kelompokkan menurut jenisnya. Hal demikian dilakukan agar daur ulang  lebih mudah dilakukan. Dan limbah tidak berdampak buruk pada  lingkungan.

Termukan penjelasan tentang Apa yang dimaksud dengan limbah?. Pada dasarnya Limbah dapat dikelompokkan menjadi limbah organik dan limbah anorganik, limbah lunak dan limbah padat. Jadi apabila dikelola kembali harus dikelompokkan menurut jenis-jenisnya. Pengelolaan limbah yang tepat dapat menghasilkan keuntungan bagi manusia yang mengolah dan bagi lingkungan tempat pembuangan limbah. Banyak kerajinan tangan yang terbuat dari limbah. Pada kesempatan sebelumnya kami sudah membahasnya, banyak rupiah yang dapat kita dapat dari mengolah limbah. Berikut ini artikel tentang Contoh Kerajinan dari Limbah Organik, dimana  barang-barang sisa atau yang biasa disebut limbah disulap menjadi barang-barang dengan nilai ekonomi lebih tinggi.
Macam Macam Limbah Berdasarkan Sumbernya
Macam Macam Limbah Berdasarkan Sumbernya


Macam Macam Limbah Berdasarkan Sumbernya

Pada kesempatan kali ini kami ingin membahas tentang Macam Macam Limbah Berdasarkan Sumbernya, dengan harapan dapat membah pengetahuan dan juga dapat digunakan sebagai referensi untuk mengerjakan tugas.
Apabila dikelompokan limbah berdasarkan Macam Macam Limbah Berdasarkan Sumbernya adalah sebagai beriktu :

1. Limbah Pemukiman

Limbah yang berasal atau bersumber dari pemukiman disebut juga limbah rumah tangga atau limbah domestik. Limbah pemukiman/limbah rumah tangga merupakan limbah yang berasal dari kamar mandi, air cucian, dapur, dan kotoran manusia.
Limbah domestik sendiri juga dikelompokkan menjadi 2 bagian yaitu:
a) Limbah cair domestik yang berasal dari air cucian.
Contohnya sabun deterjen, minyak dan pestisida.
b) Limbah cair domestik yang berasal dari kakus.
Contohnya sabun, shampo, kotoran manusia, dan air seni.

2. Limbah Industri

Limbah yang bersumber dari industri meliputi:
a) Limbah industri pangan
Pengertian limbah indrustri pangan Yaitu limbah yang berasal dari kegiatan manusia atau usaha dalam mencukupi kebutuhan pengan manusia baik dalam skala atau jumlah yang besar maunpun jumlah yang kecil, dan kegiatan tersebut  dapat mencemari lingkungan. Limbah yang bersumber dari industri pangan banyak mengandung karbohidrat, protein lemak, garam-garam, mineral, dan sisa bahan kimia yang dihasilkan akibat proses pengolahan dan proses pembersihan.
Contohnya limbah Indrustri Limbah industri tahu, limbah indrustri tempe, dan pengolahan ikan.
b) Limbah industri kimia dan bahan bangunan
Limbah yang bersumber dari industri kimia merupakan limbah yang bersumber dari kegiatan indrustri pembuatn atau penggunakan aktivitas bahan – bahan kimia, aktivas tersebut dapat  menimbulkan limbah yang cukup besar  kareana memerlukan air dalam jumlah besar baik untuk prosesnya maupun untuk  mencuci alat yang digunakan selama proses berlangsung. Terdapat beberapa macam-macam limbah menurut sumbernya dari kegiatan indrustri, diantaranya limbah cair, limbah padat yang berupa           endapan (CaSO4) dan gas buangan (uap alkohol). Limbah Anorganik tersebut tergolong limbah B3  kepanjangan dari Bahan Beracun Berbahaya.
c) Limbah Industri logam dan elektronika
Limbah bersumber dari indrustri logam dan eletronika. Contoh limbah dari Industri logam hasil dari kegiatan atau proses kerja industri baja, limbah anorganik pada indrustri baja sebagian besar tidak menggunakan zat-zat kimia yang limbahnya berbahaya bagi kesehatan. Namun hasil limbah tersebut sulit dan  tidak dapat untuk mengalami pelapukan atau dekomposisi. Namaun beberapa kegiatan dari proses indrustri elektronika sebagian besar limbah yang dihasilkan sangat berbahaya atau tergolong B3 (Bahan Beracun Berbaha).   

 3) Limbah Pertanian

Sebagian besar  limbah yang bersumber dari kegiatan pertanian berasal dari aktivitas kegiatan pemberian pupuk  dan pembasmian hama. Kegiatan pemberian pupuk yang  seharusnya kegiatan tersebut berfungsi untuk menyuburkan tanah. Namun, praktek pelaksanaanya penggunaan pupuk yang berlebihan  mengakibatkan pertumbuhan gulma yang semakin cepat dan merusak ekosismtem tanah tersebut.

Pembasmian hama, atau hewan yang mengganggu menggunakan pestisida yang sumber bahan-bahan tersebut beracun. Kegaiatan tersebut dilakukan dari serangkaian proses yang digunakan untuk membunuh makhluk hidup yang merusak pertumbuhan tanaman. Penggunaa pestisida yang berlebihan mengakibatkan konsumsi tanaman sayur dan buah dapat berbahaya, apabila pencucian atau kebersian dari sayur dan. Karena pestisida merupakan  bahan yang berbaya apabila digunakan berlebihan dan tidak mengikuti petunjuk yang pasti.

4) Limbah Pertambangan

Pada kegiatan penambangan misalnya pada penambangan batu bara, emas dan perak,  untuk kegiatan penambangan emas dan perak diperlukan cairan raksa atau  mercury untuk memisahkan logam emas dan perak tersebut dari batu-batuan dan tanah. Pada aktivias kegiatan tersebut menimbulkan limbah logam berat cair yang harus diperhatikan dalam pembuangannya. Pada lokasi atau kawasan tertentu limbah tersebut dalam jumlah yang sedikit belum terlihat dampak negatifnya bagi ekositem dan lingkungan tersebut. Namun, apabila jumlah logam dan air raksa sisa limbah tersebu cukup banyak maka akan mudah terlihat pada lokasi atau kawasan tempat  pembuatan limbah tersebut dan juga akan berdampak buruk pada kesehatan tubuh manusia.

5) Limbah Pariwisata

Kegiatan manusia untuk mencari hiburan, atau berwisata, juga sangat banyak menyumbang limbah pada lokasi tersebut,  menimbulkan limbah dari kegiatan konsimsi makanan dan juga dari sarana transportasi yang membuang limbah ke udara,   dan adanya tumpahan minyak dan oli yang dibuang oleh kapal atau perahu motor didaerah wisata. Nah, apabila tidak dilakukan pembinaan  dan pengolahan maka Macam Macam Limbah Berdasarkan Sumbernya dari kegiatan pariwisata akan banyak menyebabkan kerusakan lingkungan atau kawasan wisata tersebut.

6) Limbah Medis

Macam Macam Limbah Berdasarkan Sumbernya   berasal dari limbah medis, atau berasal berasal dari aktivitas kesehatan medis dengan sampah domestik pada umumnya. Kemasan obat-obatan dan beberapa sisa zat kimia pada alat-alat injeksi adalah contoh limbah medis atau limbah yang berasal dari limbah medis.  Limbah jenis ini harus mendapatkan perhatian yang cukup serius karena dampaknya akan sangat berbaya bagi kesehatan manusia dan lingkungan, dalam praktek pengolahannya limbah medis  memerlukan biaya yang cukup tinggi. Misalnya limbah yang berpotensi untuk menimbulkan penularan inveksi virus, maka perlu cara khusus untuk mengolah limbah tersebut  yaitu dengan non-insinerator sehingga mampu mendisinfeksi limbah medis.

Jenis-jenis Limbah 
Berikut ini video jenis-jenis limbah yang mungkin akan menambah referensi kalian 

Semoga artikel tentang Macam Macam Limbah Berdasarkan Sumbernya dapat memberikan manfaat untuk menambah pengetahuan dan referensi mengerjakan tugas.

Comments