Apa Yang Dimaksud Dengan Limbah?

Apa Yang Dimaksud Dengan Limbah? - Pada kesempatan kali ini kami akan membahas jawaban sebuah pertanyaan  "Apa yang dimaksud dengan limbah?" Apabila kalian sedang mencari pertanyaan tersebut pada mesin pencari dan menemukan halaman ini, mungkin koleksi artikel kami tentang  pengertian limbah organik akan sedikit membantu menambah referensi untuk menjawab pertanyaan diatas.

Apa Yang Dimaksud Dengan Limbah?

Pertanyaan tentang pengertian limbah sering di tanyakan oleh tenaga pendidik kepada  pelajar, dosen kepada mahasiswa dan mungkin sorang anak kepada orangtuanya, besar kemungkinan beberapa orang belum mengetahui dan memahami pengertian limbah. Nah, untuk itu simak baik-baik artikel untuk menjawab pertanyaan tersebut. Pada dasarnya limbah merupakan barang atau bahan buangan atau bahan-bahan sisa yang dihasilkan dari proses atau kegiatan manusia baik dari industri maupun domestik (rumah tangga). Pada PP. Nomor 101 tahun 2014, definisi limbah merurut peraturan tersebut adalah sisa suatu usaha dan atau kegiatan.

Pengertian Limbah yang bersumber dari wikipedia,  Limbah adalah bahan-bahan sisa atau bahan-bahan buangan yang dihasilkan dari suatu proses kegiatan produksi,  baik dari kegiatan produksi industri maupun kegiatan produksi domestik (rumah tangga). Apabila terdapat sekumpulan masyarakat tinggal, maka ditempat tersebut terdapat berbagai jenis limbah akan dihasilkan. Akan  muncul berbagai jenis limbah serta sampah, baik limbah darir kakus (black water), dan ada limbah berasal air buangan dari berbagai aktivitas domestik lainnya (grey water).

Limbah-Limbah tersebut ada yang berwujud padat lebih dikenal dengan sebutan sampah, yang seringkali menimbulkan banyak masalah dan memiliki nilai ekonomis maka dari itu sampah tersebut tidak dikehendaki kemunculannya. Apabila dilihat dari segi  kimiawi, jenis-jenis limbah tersebut terdiri dari bahan kimia yang merupakan senyawa organik dan senyawa anorganik. Apabila dalam volume dan  konsentrasi dan kuantitas tertentu, adanya sampah ataupun  limbah dapat memberikan pengaruh buruk bagi lingkungan alam disekitar kita, terutama bagi kesehatan manusia, sehingga perlu adanya penanggunalangan terhadap limbah. Dampak negative dari sampah dan limbah akan menyebabkan bahaya keracunan yang ditimbulkan oleh limbah tergantung pada jenis dan karakteristik limbah yang ada dilingkungan sekitar kita.

Limbah berbeda dengan sampah, sampah adalah bahan  yang dianggap sudah digunakan serta dibuang oleh orang yang memiliki sebelumnya, namun masih dapat digunakan kembali apabila di olah dengan prosedur yang benar. Sedangkan Pengertian Organik adalah fase yang kuat dan relatif cepat, oleh karena itu tanda apa yang kita punya untuk menyatakan bahwa bahan-bahan pokok kehidupan, sebutlah molekul organik, dan planet-planet sejenis, ada juga di suatu tempat di jagad raya? Menurut referensi dari internet, beberapa penemuan baru memberikan rasa optimis yang cukup penting.

Sampah organik adalah bahan yang bisa mengalami pelapukan atau disebut dekomposisi, dan terurai menjadi bahan yang lebih kecil dan tidak memiliki bau disebut dengan kompos. Apa itu Kompos, Kompos adalah hasil pelapukan dari bahan organik seperti daun, batang jerami, rumput atau alang-alang, sampah, rumput, dan bahan lain yang sejenis yang proses pelapukannya dapat dipercepat dengan bantuan manusia.

Apabila kita membahas tentang limbah organik, kata sampah tidak lepas dari pembahasan atau sebuah obrolah. Sampah berasal dari pasar  seperti pasar sayur mayur, atau pasar ikan, jenisnya relatif seragam, pasar buah, sebagian besar (95%) berupa sampah organik sehingga lebih mudah ditangani. Tidak luput, sampah yang berasal dari pemukiman umumnya sangat banyak sekali jenisnya, tetapi dapat dikelompokkan secara umum minimal 75% terdiri dari sampah organik dan sisanya anorganik.
Apa Yang Dimaksud Dengan Limbah?
Apa Yang Dimaksud Dengan Limbah?
Back to Content ^

Jenis -Jenis Limbah Organik atau Sampah Organik

Apabila dikelompokkan berdasarkan jenisnya sampah organik dapat digolongkan menjadi 2 kelompok antara lain sampah organik basah dan kering.
1. Sampah Organik Basah
Pengertian sampah organik basah merupakan sisa bahan organik yang banyak mengadung air atau kandungan air dalam sampah tersebut intensitasnya sangat tinggi. Contoh sampah organik basah seperti sisa sayur, kulit pisang, buah yang busuk, kulit bawang dan sejenisnya. Sampah-sampah organik basah banyak kita temua di pasar sayur atau pasar buah.

Limbah organik atau atau yang disebut sebagai sampah organik dapat menimbulkan bau busuk yang menyengat tidak sedap sebab apabila dibiartkan ditempat terbuka hal tersebut disebabkan kandungan air tinggi yang menyebabkan sampah jenis ini cepat membusuk. Apabila dibiarkan tanpa ada penanggunalangan secara intensif akan dapat menyebabkan banyak timbul masalah atau penyakit.

2. Sampah Organik Kering
Pengelompokan organik yang kedua adalah sampah organik kering, dikatakan sampah organik kering karena sampah organik ini jumlah kandungan atau intensitas kandungan air jumlahnya sedikit apabila dibandingkan sampah organik basah.

Contoh Jenis sampah organik kering adalah kayu, ranting pohon, kayu dan daun – daun kering. Kebanyakan sampah organik sulit diolah kembali jadi lebih sering dibakar untuk memusnahkannya.
Back to Content ^

Contoh Limbah atau Sampah Organik

Contoh-Contoh Sampah Organik

Berikut ini adalah contoh sampah organik adalah sisa nasi, hasil konsumsi buah atau kulit buah, bua-buahan dan sayur-sayuran yang telah membusuk, ampas teh atau kopi, bangkai binatang atau hewan, dan kotoran hewan atau manusia

Contoh - Contoh Sampah Anorganik

Berikut ini adlaah merupakan contoh dari sampah anorganik adalah  plastic bekas, botol atau kaleng bekas minuman, tas kresek atau tas plastik, ban bekas yang sudah tidak digunakan, besi, kaca, kabel, barang elektronik, bohlam lampu dan plastik. Jenis sampah anorganik merupakan jenis sampah anorganik yang sulit terurai. Namun, dapat anda manfaatkan kembali menjadi barang-barang yang bermanfaat dan bernilai ekonomis tinggi, apabila di daur ulang kembali menjadi bahan kerajinan.

Banyak orang yang sukses dan menjadi seseorang milyader karena dapat mengolah kembali sampah anorganik menjadi bahan-bahan yang bermanfaat. Contohnya adalah pengerajin kursi yang dibuat dari ban bekas yang dibuat menjadi sebuah kursi berbentuk boneka lucu atau dengan motif yang lain. Miniature-miniatur pesawat, mobil dan bangunan yang berasal dari botol dan keleng bekas.

Sampah anorganik merupakan jenis sampah yang sulit terurai dan akan menjadi masalah serius bagi manusia apabila dibiarkan begitu saja. Gali penjelsan lebih lengkap mengenai sampah, pengertian sampah, manfaat sampah dan dampak sampah
Back to Content ^

Jenis-Jenis Limbah


Back to Content ^

Jenis limbah ada 5 berdasarkan sifatnya

Limbah korosif, pengertian limbah korosif adalah limbah apabila mengenai kulit dapat  menyebabkan iritasi, apabila mengenai benda-benda yang terbuat dari besi dapat  membuat benda tersebut menjadi berkarat
Limbah beracun adalah limbah yang mengandung racun berbahaya bagi kehidupan manusia dan lingkungan. Dampak dari Limbah beracun bisa mengakibatkan kematian jika masuk ke dalam laut.
Limbah reaktif adalah bahan sisa yang sifat sifatnya  mudah bereaksi terhadap oksigen atau limbah organik peroksida yang tidak stabil dalam suhu tinggi dan dapat menimnbulkan kebakaran.
Limbah dapat  meledak adalah limbah atau barang sisa apabila terkena suatu proses kimia dapat menghasilkan benda gas dengan suhu yang memiliki tekanan tinggi serta dapat merusak lingkungan.
Limbah mudah terbakar adalah limbah yang mengandung bahan yang menghasilkan gesekan atau percikan api jika berdekatan dengan api.

Contoh Limbah yang dihasilkan dari proses atau kegiatan industri antara lain:
Limbah berwujud padat: sisa tong bekas, kain bekas, sparepart, besi, dll
Limbah berwujud cair: hasil pelarut, air bekas produksi bahan kimia, , oli bekas, dll
Limbah berwujud gas: gas buangan boiler, gas buangan kendaraan bermotor, gas hasil pembakaran dll

Limbah yang dihasilkan dari proses atau kegiatan rumah tangga (domestik) antara lain:
Limbah berwujut padat: sisa makanan, tinja manusia dll
Limbah berwujut cair: urine manusia, air bekas cucian, air bekas mandi dll
Limbah berwujut gas: asap dapur, asap hasil pembakaran sampah, dll

Semakin banyak limbah yang dihasilkan akan dapat menyebabkan dampak terhadap lingkungan. Limbah yang dihasilkan bisa berdampak positif dan negatif terhadap lingkungan. Perlu dilakukan pengolahan limbah untuk mengurangi dampaknya terhadap lingkungan. Beberapa penyebab limbah dapat  mempengaruhi kualitas limbah antara lain kandungan bahan pencemar, volume limbah, dan frekuensi pembuangan limbah. Untuk mengatasi limbah ini diperlukan pengolahan dan penanganan limbah.

Bagaiman sudah mendapat jawaban tentang Apa yang dimaksud dengan limbah?,
Back to Content ^

Penanggulangan Limbah

Butuh campur tangan antara masyarakat disekitar dengan aparan pemerintah daerah setempat untuk langkah cepat penaggulangan limbah. Dari beberapa hal yang memengaruhi kualitas limbah adalah jumlah limbah, kandungan limbah pencemar, dan rata-rata pembuangan limbah. Adanya kerjasama antara masyarakat dan pemerintah dalam menanggulangi limbah sangat diperlukan untuk mencegah dan mengantisipasi bertambahnya limbah.
Apabila dicermati lebih lanjut  pengolahan limbah ini dapat dibedakan menjadi:
  1. pengolahan menurut tingkatan perlakuan
  2. pengolahan menurut karakteristik limbah

video pengolahan limbah
sumber : www.youtube.com

Cara mengatasi berbagai jenis limbah dan air limpasan (hujan), pada sebuah permukiman, pada  pada pemukiman tersebut harus meningkatkan stuktur sanitasi yang lebih bagus. Pembuatan sanitasi ini tidak harus menunggu uluran tangan, atau  bentuk  layanan yang disediakan pihak lain. Ada juga layanan sanitasi yang harus disediakan sendiri oleh masyarakat, khususnya pemilik atau penghuni rumah, seperti jamban misalnya.
Back to Content ^

Semoga dapat bermanfaat artikel tentang Apa yang dimaksud dengan limbah?. 

Comments