Pengertian Limbah Organik

Mendengar kata limbah entah apa yang munkin Anda pikirkan dan rasakan, munkin sekilas terlintas dipikiran Anda kalau limbah itu sangat berbaya. Menurut saya benar, limbah sangat berbaya apabila dibiarkan saja tidak di urus dan menumpuk serta tidak dilakukan pengolahan atau proses daur ulang. Minimnya kesadaran manusia akan bahaya yang ditimbulkan tentang limbah serta pengetahuan tentang pengolahan limbah membuat limbah terbengkalai menumpuk di sembarang tempat. Pada posting sebelumnya saya sudah membahas sedikit tentang Limbah Oranik dan pada posting kali ini saya ingin membahas lebih banyak tentang Pengertian Limbah Organik

Pengertian Limbah Organik

Pengertian limbah adalah buangan atau sisa yang dihasilkan dari suatu proses produksi baik industri maupun domestik (rumah tangga). Dimana sekelompok masyarakat tinggal, di sanalah berbagai jenis limbah akan dihasilkan. Ada sampah, ada air kakus (black water), dan ada air buangan dari berbagai aktivitas domestik lainnya (grey water). - sumber : wikipedia.com Pengertian Limbah Organik Limbah Organik Sekarang saya ingin mendefinisikan menurut pendapat saya satu persatu tentang limbah dan organik. Kata Limbah Organik berasal dari kata Limbah dan Organik.
Pengertian Limbah Organik
Pengertian Limbah Organik

Arti dari Limbah adalah sisa atau barang yang sudah di buang oleh pemiliknya dan tidak di manfaatkankan kembali, tapi sebenarnya kadang masih bisa di manfaatkan. Sedangkan pengertian Organik adalah bahan-bahan yang terbuat dari alam atau makhluk hidup Pada dasarnya limbah Organik merupakan sampah yang bisa mengalami pelapukan (dekomposisi) dan akan terurai menjadi bahan yang lebih kecil dan tidak berbau (sering disebut dengan kompos). Pengertian dari Kompos sendiri merupakan hasil pelapukan bahan-bahan organik seperti daun-daunan, jerami, alang-alang, sampah, rumput, dan bahan lain yang sejenis yang proses pelapukannya pada waktu tertentu dapat dapat juga dipercepat oleh bantuan manusia.

Sampah pasar khusus seperti pasar sayur mayur, pasar buah, atau pasar ikan, jenisnya relatif seragam, sebagian besar (95%) berupa sampah organik sehingga lebih mudah ditangani Sementara itu Limbah padat lebih dikenal sebagai sampah, yang seringkali tidak disukai karena tidak memiliki nilai ekonomis. Bila ditinjau secara kimiawi, limbah ini terdiri dari bahan kimia Senyawa organik dan Senyawa anorganik. Dengan jumlah konsentrasi dan kuantitas tertentu, kehadiran limbah dapat berdampak negatif terhadap lingkungan terutama bagi kesehatan manusia, sehingga perlu dilakukan penanganan terhadap limbah. Tingkat bahaya keracunan yang ditimbulkan oleh limbah tergantung pada jenis dan karakteristik limbah.
Contoh Limbah Organik :

  1.  Sisa makanan 
  2. Tulang hewan 
  3. Daun-daunan Kertas dan Kardus 
  4. Kayu 
  5. Bangkai hewan 
  6. Bangkai manusia 
  7. Kotoran manusia kotoran hewan 
  8. Sisa industri perkayuan 
  9. Serbuk gregaji 
  10. Kulit pohon 
  11. Kulit telur 

Bagaimana cukup banyak kan limbah organik di sekitar kita, seperti sisa nasi waktu kita makan, sisa seduhan teh, sisa tulang ikan atau daging dan lain sebgaianya. Salah satu penelitian dari doesen saya mengatakan bahwa manusia rata-rata menghasilkan limbah organi 2-3 kg perharinya.Bisa dibayangkan bagaiman kalau dalam waktu satu bulan, dan bagaimana kalau dalam jangka waktu satu tahun. Oleh karena itu jangan menyepelekan tentang sampah.
Back to Content ^

Pemanfaatan Limbah atau Daur Limbah

Pemanfaatan Limbah Sisa makanan Sisa makalah yang dimaksud disini adalah sisah hasil konsumsi manusia, misalnya nasi yang tidak habis nasi bisa disebut limbah. Namun ditangan orang yang kreatif sisa hasil konsumsi berupa nasi bisa menjadi bahan yang berguna misalnya dapat dibuat cemilan, seperti yang dilakukan oleh keluarga saya, apabila nasi tidak habis dikonsumsi maka nasi tersebut akan disimpan dalam lemari pendingin dan apabila sudah cukup banyak terkumpul nasi tersebut di olah menjadi cemilan Intip dan kerupuk dari bahan nasi sisa hasil konsumsi Selain dibuat cemilan nasi juga dapat dimasak lagi, mungkin hanya ada ditempat saya atau ada di daerah lain juga ada namun dengan nama yang berbeda. Nama olahan tersebut adalah nasi Loyang.

Cara pembuatannya pun cukup sederhana nasi sisa hasil konsumsi dikumpulkan kemudian dijemur diterik matahari, setelah kering atau biasa disebut “Karak”. Karak atau nasi yang sudah kering direbus dan dicampur dengan parutan kelapa, dan dihidangkan didampingi sambal teri atau sambal terasi dan ikan asin. Pemanfaatan LimbahTulang hewan Pemanfaatan tulang hewan biasanya tidak bersifat menyeluruh atau biasa disebut dengan spatial oleh kebanyakankan pengrajin. Hal ini disebabkan karena tidak semua jenis tulang dan kondisinya bisa dibuat sebagai bahan kerajinan, selain bahan kerajinan tulang hewan juga bisa digunakan untuk membuat lem dan bahan bahan makanan.

Pernah mencoba makanan yang berasal dari tulang hewan? Dengan demikian diperlukan sebuah keahlian khusus dan ketekunan untuk memanfaatkan limbah dari tulan hewan agar dapat digunakan secara khusus tanpa memilih bahan dan kondisinya. Pernah membaca pada sembuah Koran, bahwa Mahasiswa Jurusan Teknik Sipil ITS yang melakukan penelitian tentang bahan material bangunan dengan memanfaatkan abu tulang sebagai bahan pembuatan bangunan beton. Hal ini merupakan sebuah terobosan baru yang sangat bermanfaat menurut saya, karena limbah berasal dari tulang dapat diolah kembali menjadi bahan yang berguna dan tidak menumpuk menjadi limbah yang dapat menyebabkan petaka dikemudian hari.

 Cara pengolahannya adalah dengan membakar tulang tersebut kemudian digiling atau dihancurkan dengan alat berat hingga ukurannya menjadi halus dan di ayak. Menurut penelitian yang diklakaukan oleh mahasiswa ITS tersebut kondisi komposisi tulang tersebut sekitar 78,86% kandungan tulang terdiri dari oksida Kalsium (CaO), dan sekitar 20,2% nya adalah oksida posfat ( P2O5 ). Dari hasil tersebut diambil sebuah kesimpulan berupa hipotesa bahan limbah organk yang berupa tulang hwan memiliki potensi jika digunakan dalam struktur beton. Karena kandung CaO dari tulang hamper sama dengan kandungan CaO komposisi terbesar dalam semen. Pemanfaatan Limbah Daun-daunan Bagi sebagian orang yang kurang mengenal tentang pemanfaatan limbah, daun-daunan biasanya dibakar begitu saja, namun perlu diketahui daun-daunan kering bisa juga dibuat sebagai bahan kerajinan berupa gambar mozaik atau bisa juga dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan kompos. Limbah organic berasal daun-daun yang sudah tua ternyata bisa memiliki nilai ekonomis lebih tinggi dan bisa berguna, Salah satu pemanfaatan dedaunan yang sudah tua dan kering adalah dengan dibuat kompos.

Kompos adalah pupuk yang berasal berbahan alamiah atau organik dan sifatnya ramah lingkungan. Kebanyakan petani yang berada di didesa banyak menggunakan pupuk buatan. Dengan alasan penggunaan pupuk buatan tersebut adalah karena cepat dan praktis. Tidak perlu repot mengolahnya karena hanya mggunakan pakai saja. Namun, perlu diketahui bahwa pemakaian pupuk buatan tersebut bisa berdapak buruk apabila digunakan secara terus – menus karena dapat mengurangi unsur hara yang dimiliki oleh tanah. Apabila yang sering diberi pupuk buatan maka tanah dapat rusak dan tingkat kesuburannya menghilang. Sebenarnya ada banyak sekali kerugian pemakaian pupuk buatan disamping keuntungan sesaat yang diberikan. Dan mungkin ini merupakan langkah awal untuk menanamkan kesadaran bagi petahu untuk berusa menjaga kesuburan tanah dengan pemanfaatan daun-daun yang sudah tua dan berguguran untuk dijadikan kompos atau pupuk alami.

Dengan menggunakan sala satu limbah yang berasal dari dedauanan yang sudah gugur kita dapat membuat kompos, sehingga dedaunan tersebut tidak hanya jatuh begitu saja menjadi limbah yang tidka berguna dan berakhir di pembakaran atau pembuangan. Harus ada daur ulang agar tidak tidak timbul masalah baru dari limbah dedaunan. Dan alternative pemecahannya adalah dengan membuat dedaunan teresbut memnjadi kompos. Pemanfaatan Limbah Kertas dan Kardus Munkin bagi sebagian orang kardus dianggap sebagai barang bekas yang tidak memiliki nilai ekonomis tinggi, yang biasanya hanya ditumpuk di gudang untuk dijual saja. Sebenarnya kardus merupakan barang yang sangat bermanfaat dan memiliki nilai ekonomis tinggi apabila dimanfaatkan dengan tepat dan benar. Salah satu contoh yang bisaa kita lihat di toko-toko kerajinan adalah kerajinan tangan dari kardus bekas yang di sulap menjadi berbagai jenis kerajinan yang apabila dijual dapat memberikan keuntungan yang berlipat ganda.

 Jangan membuang atau menjual kardus dirumah, karena karena kalau kamu mau lebih berusaha, maka kardus tersebut akan menjadi barang yang lebih berharga dan menambah sumber pendapatan Anda. Banyak sekali jenis kerajinan yang dapat dibuat dari bahan kardus antara lain : Lampu hias, Lampu Gantung, kotak pensil dan lain sebagainya.

Pemanfaatan Limbah Kayu Kayu sebearnya banyak sekali manfaatnya, di daerah saya kayu pada umumnya digunakan sebagai sumber energi untuk memasak, siapa sangka sisa hasil produksi berupa kayu dapat dirubah menjadi benda berharga atau kerajinan bernilai ekonomis tinggi. Sebenarnya kerajinan berupa kayu sudah dibanyak dimanfaatkan orang sejak jaman dahulu hal ini dibuktikan bahwa banyak sekali benda berharga peninggalan jaman purba yang berbahan kayu.

Perkembangan kerajinan kayu di Indonesia pun sangat pesat hal ini dibuktikan banyak bahan mebel, ukiran berasal dari kayu. Indonesia merupakan salah satu penghasil kayu-kayu yang berkwalitas hampir disetiap daerah memiliki kayu yang khas dan bisa di olah menjadi barang kerajinan dengan kualitas baik. Paling banyak digunakan untuk membuat suatu kerajinan adalah kayu mahoni, kayu jati, kayu pinus, dan banyak jenis kayu yang lain. Dan dari sisa produksi berupa limbah kayu masih bisa dimanfaatkan lagi untuk di jadikan berbagai produk kerajinan. Jika membuat kerajinan tangan dari limbah kayu maka hal utama yang diperlukan teknik dan pengetahuan serta ketrampilan untuk mengolah kayu, terutama ketrampilan untuk menggunakan alat-alat pendukung yang berhubungan dengan peralatan ukir dan gergaji. Apabila Anda menguasai teknik dan pengetahuan tentu kamu bisa membuat berbagai kerajinan dari kayu seperti hiasan dinding, miniatur, tempat tisu, lukisan, dan berbagai kerajinan lain. Tidak sedikit peminat kerajinan berasal mancanegara seperti kerajinan ornamen (patung), anyaman dan juga kerajinan kayu seperti berbagai funiture rumah tangga. Berikut ini beberapa kerajinan dari kayu yang bisa kamu jadikan inspirasi. Olahan dari Limbah Kayu banyak dibuat untuk miniatur kendaraan.

Dengan membentuk limbah kecil yang dibuat menjadi bagian motor yang sama bentuknya dengan aslinya. Miniatur berbahan kayu berbentuk kendaraan mempercantik dan menjadi hiasan diatas menjad dalam ruangan agar menjadi lebih menarik. Dengan tektur kayu dengan warna natural dari kayu akan memberikan kesan yang klasik, sehingga akan memberikan suasana sederhana dan nyaman. Selain miniature limbah kayu juga dapat digunakan sebagai funiture yang unik. Salah satu contohnya furniture berbahan limbah kayu adalah kerajinan dari kayu jati, bagian akarnya biasanya dimanfaatkan sebagai kursi dan meja yang unik dan elegan. Bentuk asli dari akar yang tidak beraturan akan menambah nilai eksotis dari kerajinan dan menjadi pemikat tersendiri bagi peminat kerajinan tersebut.

Tidak hanya miniature dan furniture Di Negara Indonesia selain bahan dari kyu seni ukir juga dibuat dari limbah kayu mulai zaman dahulu. Kerajinan berbentuk Ukiran pada kayu pasti sudah tidak asing lagi kan bagi kamu? Banyak hiasan yang terbuat dari kayu diberi ukiran dengan motif tertentu untuk memperindah tampilan. Penggunaan Ukiran bahan kayu dibuat pada kerajinan Furnitur berupa lemari, hiasan dinding, pintu, dan masih banyak yang lainnya. Limbah dari Kayu juga bisa dimanfaatkan sebagai kerajinan tangan sederhana seperti terlihat pada berbagai tempat pensil dari kayu. Selain teknik dan pengetahuan dibutuh ide-ide kreatif untuk membuat tempat pensil yang unik untuk keperluan kamu sehari-hari? Anda dapat memanfaatkan limbah kayu untuk dijadikan tempat pensil.

Dengan memiliki tempat pensil yang unik ini akan menambah semangat belajar kamu tentunya. Pemanfaatan Limbah Bangkai hewan Kebiasaan sebagian orang yang sering membuat bangkai hewan disungai sebenarnya harus mendapat teguran keras. Karena bangkai tersebut selain mengganggu aromanya juga dapat menimbulkan berbabagai penyakit yang berbahaya tentunya. Sebenarnya bangkai hewan tersebut dapat bermanfaat, suatu contoh apabila kalian menemukan ternak kalian yang mati itu bisa kalian jual pada peternak ikan, karena bangkai hewan dapat diolah menjadi pakan ternak yang memiliki kandungan protein tinggi. Apabila bangkai tersebut tidak dapat dijual atau tidak ada orang yang membeli jangan membuangnya disungai, akan lebih baik jika bangkai tersebut dikubur didekat tanaman yang Anda pelihara, dengan berjalannya waktu bangkai tersebut apabila sudah terurai akan membuat tanah menjadi subur.

Pemanfaatan Limbah Kotoran hewan Limbah dari kotoran hewan merupakan limbah yang paling mudah pengolahannya, selain dapat digunakan sebagai pupuk oranik kotoran hewan pada saat ini sudah dapat dimanfaatkan sebagai bio energy dan dapat menghasilkan keuntungan berlipat-lipat ganda. Serbuk gregaji Pada umumnya, hasil dari serbuk gergaji akan dibuang begitu saja tanpa dimanfaatkan kembali. Perlu anda ketahui, apabila disekitar anda terdapat serbuk gregaji hasil sistem penggergajian maupun limbah kayu dari sistem menggergaji kayu memiliki banyak sekali manfaat yang baik untuk kehidupan sehari-hari maupun usaha.

Manfaat Serbuk gregaji bagi Kehidupan Sehari-hari dan Usaha Seperti yang telah saya singgung di atas bawasanya Serbuk gregaji memiliki banyak sekali manfaat. Banyak sekali manfaat dari limbah kayu terutama limbah serbuk gerjagi diantaranya adalah sebagai berikut : Limbah serbuk gerjaji dimanfaatkan Bahan Kombinasi Pembuatan Meubel Serbuk gergaji memiliki manfaat yang baik dijadikan sebagai bahan kombinasi dalam pembuatan meubel. Umumnya, sebagian pabrik meubel besar sekarang ini telah tidak memakai bahan kayu utuh untuk membuat meubel. Perlakuan seperti ini dilakukan untuk meminimalkan harga produksi, dengan perlakukan tersebut hingga beberapa produk meubel, seperti almari kecil dan meja belajar bisa dapat dipatok dengan harga jual yang yang relatif lebih murah dari pada meubel dari kayu asli. Terdapat banyak keuntungan dari produck meubel yang digabung serbuk gergaji.

 Pemanfaatan Limbah Sebagai Bahan Pembuatan Batako Teknologi sekarang ini juga memanfaatkan serbuk gergaji kayu sebagai bahan kombinasi dalam pembuatan batako.Hasil riset menyebutkan kalau kombinasi serbuk gergaji pada batako bisa menghimpit cost produksi, serta konon katanya kualitas batako yang di buat juga tidak kalah sebaiknya dengan tipe batako yang tidak memakai kombinasi Serbuk gregaji. Pemanfaatan Limbah Sebagai Bahan Bakar Untuk anda yang masih memakai kayu bakar untuk memasak, serbuk gergaji dapat juga digunakan untuk memasak Serbuk gergaji bisa jadi pengganti kertas, serta bisa gampang terbakar. Hal semacam ini juga akan begitu menolong anda dalam buat api lebih cepat, serta sistem pembakarannya jadi lebih baik. Sebagai Alas untuk memeliara Hamster Anda sukai pelihara hamster atau marmut? Bila demikian, tentu anda tidak asing dengan serbuk gergaji maupun Serbuk gregaji.

Umumnya serbuk gergaji dan Serbuk gregaji ditempatkan di bagian basic kandang hamster maupun marmut. Manfaatnya Hamster akan merasa nyaman dan hangat saat tidur jadi tempat buang air kecil atau besar jadi tidak bau. Diluar itu, hamster maupun marmut juga suka bermain-main pada kandang yang diisi serbuk gergaji dan Serbuk gregaji. Media Tanam Manfaat Serbuk gregaji yang kelima yaitu dapat digunakan menjadi media tanam yang baik. Media tanam yang bahan dasarnya memanfaatkan Serbuk gregaji berfungsi agat lebih memaksimalkan penyerapan air serta unsur hara pada tanaman.

Dengan meningkatnya penyerapan air serta unsur hara oleh tanaman, jadi keadaan kesuburan dari tanaman itu juga akan jadi tambah baik. Anda bisa memakai serbuk gergaji atau Serbuk gregaji menjadi media tanam dalam polybag maupun pot kecil, serta dapat pula dipakai jadi media tanam untuk tanaman yang semakin besar. Briket Serbuk Gergaji Nyatanya, untuk mereka yang kreatif serta mempu melihat kesempatan usaha, manfaat serbuk gergaji kayu bisa dibuat jadi briket. Briket ini bisa dipakai untuk memasak dalam keperluan keseharian. Briket yang terbuat dari limbah gergaji kayu ini mempunyai harga yang lebih murah dari pada briket batubara. Jika dibanding dengan pemakaian gas alam dan minyak tanah, briket dari serbuk gergaji tambah lebih efisien serta tentunya bisa kurangi pengeluaran rumah tangga keseharian. Selain beberapa langkah diatas ternyata limbah organik dapat dimanfaat menjadi bahan-bahan yang bernilai ekonomis tinggi, berikut ini video tentangcontoh karya dari bahan limbah organik.

Semoga artikel tentang Pengertian Limbah Organik dapat memberikan manfaat dan pengetahuan bagi kita semua.
Back to Content ^

Comments