Kerajinan Berasal dari Limbah Organik

Limbah Organik atau Sampah Organik ternyata apabila lebih  dicermati dan melakukan daur ulang sangat bermanfaat, banyak sekali barang-barang kerajinan tangan dan hiasan yang dapat dibentuk dari Limbah Organik. Dengan proses yang tempat serta ketekunan  barang-barang dan kerajinan tersebut dapat mendatangkan berkah. Selain mengurangi tingkat pencemaran lingkungan dan mengurangi jumlah barang-barang sisa yang ada dilingkungan sekitar, dengan mengolah kembali limbah tersebut  akan menciptakan lapangan pekerjaan.

Pada pembahasan kali ini kami akan memberikan contoh ragam kerajinan tangan dari bahan limbah organik sekaligus penjelasan secara sederhana, dengan tujuan sebagai referensi apabila kalian ingin  membuat sendiri berbagai bentuk kerajinan tangan dari benda-benda yang ada dilingkungan sekitar yang sudah tidak dimanfaatkan. 

Kerajinan Limbah Organik


Pengertian  limbah adalah buangan atau sisa yang dihasilkan dari suatu proses produksi baik industri maupun domestik (rumah tangga). Dimana sekelompok masyarakat tinggal, di sanalah berbagai jenis limbah akan dihasilkan. Ada sampah, ada air kakus (black water), dan ada air buangan dari berbagai aktivitas domestik lainnya (grey water). -

Kata Limbah Organik berasal dari kata Limbah dan Organik. Arti dari  Limbah adalah sisa atau barang yang sudah di buang oleh pemiliknya dan tidak di manfaatkankan kembali, tapi sebenarnya kadang masih bisa di manfaatkan. Sedangkan pengertian Organik adalah bahan-bahan yang terbuat dari alam atau makhluk hidup

Berikut  ini contoh kerajinan tangan dari Limbah Organik :

1.  Kerajinan Dari Bahan Limbah Organik Pelepah Pisang
Kerajinan Tangan Dari Bahan Limbah Organik
Kerajinan Tangan Dari Bahan Limbah Organik
Banyak orang beranggapan bahwa bagian dari tanama pisang yaitu pelepah pisang yang sudah kering merupakan sampah yang tidak berguna. Namun, anggapan itu tidak benar, ternyata pelepah pisang yang sudah kering tersebut dapat dikajikan sebagai bahan kerajinan tangan yang sangat menarik dan bentuknya unik. Apabila dijual barang tersebut harganya  mahal dan dapat menambah banyak keuntungan. 
Tanaman pisang sangat banyak jumlahnya di negara indonesia dan hampir setiap pelosok daerah di indonesia terdapat tanaman pisang, jadi apabila ingin mendapatkan bahan baku untuk membuat kerajinan dari pelepah pohon pisang kita tidak akan kesulitan.

2.  Kerajinan Dari Bahan Limbah Organik Bonggol Jagung

kerajinan dari bonggol jagung
kerajinan dari bonggol jagung
Bonggol jagung yang sudah diambil bijinya biasanya hanya digunakan sebagai tambahan bahan bakar, dan terkadang hanya dibuang menumpuk disuatu tempat dan menyebabkan pemandangan yang tidak menyenangkan. Tidak hanya iitu apabila kehujanan  akan menyabkan bau busuk yang sangat menyengat. Namun di tangan orang yang tepat boggol jagung yang tidak bernilai tersebut ternyata dapat dijadukan bahan kerajinan yang bermanfaat.

3.  Kerajinan Dari Bahan Limbah Organik Kulit Jagung

Kerajinan Tangan Dari Bahan Limbah Organik Kulit jagung
Kerajinan Tangan Dari Bahan Limbah Organik Kulit jagung

Apa sebutkan kulit jagung di daerah kalian?
Kulit jagung di tempat tinggal saya disebut klobot, orang-orang yang sudah tua biasanya memanfaatkan untuk bungkus tembakau ketika membuat rokok. Ketika panen raya jagung tiba, limbah kulit jagung sangat menumpuk terkadang berserang karena ditiup angin dan bertermbangan kesembarangan tempat. 

Namun siapa yang menyangka ternyata kulit  jagunmerupakan bahan untuk membuat kerajinan tangan yang sangat dicari  oleh banyak pembuat kerajinan. Kulit jagung mempunyai struktur dan bentuk yang bagus sehingga mudah dbentuk menadi barang-barang hiasan rumah yang menariik. 

Kerajinan tangan limbah organik kulit jagung sangat  mudah pembuatanya, dengan belajar secara otodidakpun kalian dapat mempraktekkannya dengan sangat mudah, hanya membutuhkan komposisi warna yang tepat dan penataan yang benar untuk membuat sebuah hiasan berbentuk bunga seperti pada gambar kerajinan tangan diatas.

4.  Kerajinan Dari Bahan Limbah Organik Kulit Bawang Putih

Kerajinan Tangan Dari Bahan Limbah Organik kulit bawang
Kerajinan Tangan Dari Bahan Limbah Organik kulit bawang
Sisa sampah kulit bawang putih yang digunakan untuk bumbu masak ternyata sangat baik sebagai bahan baku untuk membuat kerajianan tangah berupa hiasan seperti bunga-bunga. Dengan proses pengolahan bahan baku yang baik maka akan  menghasilkan bahan baku untuk pembuatan hiasanKulit bawang yang digunakan untuk bahan pembuatan kerajinan tangan harus benar - benar dalam kondisi kering, kalian boleh memanaskan dengan panas cahaya matahari atau di oven ketika kondisi hujan.

5.  Kerajinan Dari Bahan Limbah Organik Kulit Bawang Merah

Kerajinan  Limbah Organik
Kerajinan  Limbah Organik
Tidak hanya kulit bawang putih ternyata kulit bawah merang juga sangat bagus sebagai bahan baku pembuatan kerajinan tangan, Daripada hanya dibuang sia-sia lebih baik kulit bawang merah dikumpulkan dan dijemur ditempat yang panas, dengan diolah secara benar kulit bawang merah juga dagunakan untuk kerajinan limbah organik. Sudah banyak dijual kerajinan tangan seperti ini ditoko-toko suvenir dari pada membeli kenapa kalian tidak mencoba utuk membuatnya.

6.  Kerajinan Dari Bahan Limbah Organik Bawang Merah

Kerajinan Tangan Dari Bahan Limbah Organik

Tidak hanya sebagai bahan bumbu masak, ternyata bawang merah dapat digunakan sebagai bahan untuk melukis di media lukis dengan bagus, hasilnya sangat memuaskan, karena setrukturnya yang sangat bagus sehingga mudah dan baik untuk dibentuk. Perhatikan gambar diatas  contoh  lukisan tempel dari bahan bawang merah. Karena bau yang menyengat jadi harus  melalui sebuah proses agar bau nya menghilang

7.  Kerajinan Dari Bahan Limbah Organik Kacang Kacangan / Biji-Bijian

Kerajinan Limbah Organik dari biji-bijian
kerajinan tangan dari biji-bijian
Indonesia merupakan negara dengan struktur tanah yang subur, banyak sekali jenis tamanan yang dapat hidup di indonesia, begitu pula dengan tanaman biji-bijian, ada banyak sekali tanaman biji-bijian yang ada di indonesia, tidak hanya dikonsumsi ternyata biji-bijian tersebut dapat dibentuk menjadi sebuah lukisan yang bagus dengan cara ditempel. Dengan penempatan yang tepat, serta komposisi warna yang sesuai sehingga dapat menghasilkan sebuah lukisan yang sangat indah, perlu dilakukan pengawetan agar lukisan dari bahan biji-bijian tidak rusak dan tidak dimakan oleh binatang.

Kerajinan limbah organik dari biji-bijian sangat banyak sekali peminatnya, apabila dibuat dengan bentuk dan gambar menarik ini merupakan daya tarik tersendiri, ditangan orang yang kreatif biji-bijian juga dapat disulap menjadi kerajinan yang lain.

8.  Kerajinan Dari Bahan Limbah Organik Jerami

kerajinan dari limbah batang jerami
kerajinan dari limbah batang jerami
Siapa yang tidak kenal dengan kerajinan pada gambar diatas, tempat tisu, tempat pensil dan berbagai benda lain yang unik dan juga  bermanfaat ternyata berbahan dasar jerami. Jerami merupakan batang tanaman padi yang sangat banyak jumlahnya di negara indonesia, pada saat musim panen tiba jerami dimanfaatkan sebagai bahan pakan ternak, namun karena jumlahnya yang sangat banyak kandang-kadang hanya dibakar di area persawahan.

Bagi pengusaha jamun tiram, limbah jerami dimanfaatkan sebagai media tanam,  karena tingkat kelembaban yang tinggi sehingga dapat menghasilkan  produksi jamur yang melimpah. Bagi pengrajin genteng dari tanah liat, pada saat panen merupakan keberuntungan yang berlipat karena mereka memanfaatkan limbah organik  jerami sebagai bahan bakar genteng.

Namun apabila kalian mau berusaha lebih giat dan lebih tekun berusa kalian dapat merubah batang jerami tersebut menjadi sebuah kerajinan tangan yang sangat bermanfaat, tidak hanya sebagai hiasan saja namun dapat dibuat bermacam-macam bentuk benda yang bermanfaat.

9.  Kerajinan Dari Bahan Limbah Organik Kulit Kerang

Kerajinan Limbah Organik kulit kerang
Kerajinan tangan dari kulit kerang
Apabila  kalian berwisata di pantai maka akan menjumpai outlet-outlet yang menjual kerajinan dari kulit kerang, bentuknya sangat beragam, seperti tempat tisu, miniatur hewan, ada juga yang dibuat sebagai selambu, bingkai foto dan masih banyak benda kerajinan lain dari kulit kerang. 


Sebetulnya apabila kalian kreatif kalian tidak perlu membelinya, kalian dapat mencari bahan bakunya

10.  Kerajinan Dari Bahan Limbah Organik Kulit Telur

Kerajinan Tangan Dari Bahan Limbah Organik

Tidak hanya dibentuk menjadi sebuah kerajinan tangan dengan cara  ditempel dan digabung-gabung ternyata kulit telur juga dapat sebagai media lukis dan dan digunakan sebagai hiasanTidak hanya menggunakan cat kita juga dapat menambahkan ornamen lain seperti manik-manik, pita dan dan benda-benda lain yang dapat mempercantik bentuknya.

11.  Kerajinan Dari Bahan Limbah Organik Tempurung Kelapa

Kerajinan Limbah Organik kerajinan batok kelapa
kerajinan batok kelapa

Jika dilihat secara sepintas kerajinan yang ada pada gambar diatas sangat memikat orang untuk memikikinya, dengan balutan pernis dan cat kayu atau plitur orang tidak akan menyangka kalau bahan dasar pembuatan kerajinan tangan tersebut adalah dari batok kelapa. Bagi orang yang kreatif limbah organik dan limbah anorganik apa saja dapat menjadi bahan dasar pembuatan kerajinan tangan. Bahkan hasil dari kreasi tersebut apabila dipasarkan akan mendapatkan  keuntungan yang melimbah

Ide Kerajinan dari Bahan Limbah Organik 

Bagaimana sudah mendapatkan ispirasi dari beberapa contoh contoh kerajinan limbah organik diatas, apabila dicermati, bahan - bahan dasar untuk membuat kerajinan ternyata sangat mudah didapatkan dan jumlahnya sangat melimpah dan tidak terbatas  jumlahnya.

12. Kerajinan Dari Bahan Limbah Organik Sabut Kelapa

Kerajinan  Limbah Organik

Hampir semua bagian tanaman kelapa mempunyai fungsi utama dalam keperluan rumah tangga. Sebelum diciptakannya  minyak dari kelapa sawit, minyak kelapa jadi satu diantara pengisi bahan baku memasak. Tidak hanya itu  buah kelapa memiliki banyak manfaat dalam pembuatan berbagai  jenis makanan tradisional dan juga dapat digunakan untuk bumbu memasak.

Pada bagian batang pohon kelapa dapat menghasilkan banyak product, kayu dari batang kelapa sebagai bahan bangunan, meubel, serta jembatan. Bagian lain dari tanaman kepala yaitu daun, ada banyak sekali  manfaat sebagai bahan sapu, anyaman, atap, serta hiasan. Tempurungnya bisa dipakai sebagai bahan bakar serta kerajinan dari bahan limbah organik

Bagian luar dari buah adalah batok  dan serabut yang menjadi satu diantara product tanaman kelapa yang sampai kini sering terbuang. Jenis kerajinan limbah organik itu memiliki kesempatan besar untuk mengisi pasar mancanegara. Bila diliat dari jumlahnya, serabut kelapa adalah sisi paling besar dari buah kelapa yakni sekitaran 35% dari bobot buah kelapa.

13.  Kerajinan Dari Bahan Limbah Organik Kayu Kelapa

Kerajinan  Limbah Organik
Kerajinan  Limbah Organik Batang Kelapa
Tidak hanya bahan untuk bangunan dan mebel tenyata batang tanaman kelapa juga dapat digunakan sebagai bentuk kerajinan.

14.  Kerajinan Dari Bahan Limbah Organik Dahan Salak

Kerajinan Tangan Dari Bahan Limbah Organik

Perhatikan bentuk furniture pada gambar diatas, apabila dicermati bahan dasar dari furnitur diats adalah dahan salak, jumlah  begitu berlimpah tetapi, sebelum ditemukan furnitur dari dahan salah, awalnya dilihat kurang bermanfaat oleh petani salak, selain dibiarkan rubuh serta membusuk dengan sendirinya, pemangkasan dahan salak juga dikerjakan untuk mempermudah mengambil buahnya. 

Berbeda dengan pohon bambu, sistem pengolahan bahan baku dahan salak memerlukan saat sedikit lebih lama. Untuk mengambil dahan salak jadi bahan baku kerajinan dari bahan limbah organik mesti dengan jalan dengan membungkuk dan harus hati-hati dalam rimbunnya rumpun, kita todak boleh lupa untuk menghindari tergores duri-duri dahan salak.

15.  Kerajinan Dari Bahan Limbah Organik Kulit Bambu

Kerajinan Limbah Organik Kulit Bambu
keajinan kulit bambu

Selain dipakai sebagai bahan baku untuk membuat anyaman bambukerajinan  limbah organik ini dapat juga digunakan sebagai bahan pembuatan alat rumah tangga. Namun tanaman bambu paling banyak digunakan sebagai bahan dasar anyaman. Anyaman terbuat dari bambu dapat di buat dengan bahan yang irit namun dapat membuahkan beragam kerajinan tangan yang mempunyai banyak faedah serta nilai ekonomis yang tinggi.

16.  Kerajinan Dari Bahan Limbah Organik Sisik Ikan

Kerajinan Limbah Organik Sisik Ikan
Kerajinan sisik ikan

Bahan baku sisik ikan yaitu  kerajinan tangan yang inovatif dan unik dari bahan limbah organik yang layak untuk dicoba dalam meningkatkan usaha dari limbah organik. Contoh kerajinan tangan yang Inspirasi serta Inovatif dari sisik ikan ini begitu gampang dalam membuatnya. Mudah-mudahan ada pihak pengembangan sisik ikan ini jadi Wiraswasta.

17.  Kerajinan Dari Bahan Limbah Organik Serbuk Gergaji

Kerajinan Tangan Dari Bahan Limbah Organik serbuk gergaji
kerajinan tangan serbuk gergaji

Melihat bentuknya yang sangat unik, ternyata tidak disangka bahwa bahan dasar pembuatan kerajinan tersebut adalah bahan dasarnya dari serbuk gergaji, limbah organik yang biasanya digunakan untuk campuran media tanam dan hanya dibakar saja ternyata dapat dibentuk menjadi bahan kerajinan yang menarik.

18.  Kerajinan Dari Bahan Limbah Organik Tulang Ikan

Kerajinan Limbah Organik Tulang Ikan
Kerajinan Limbah Organik Tulang Ikan
Kreatif sekali orang yang membuat kerajinan seperti ini, Kerajinan Limbah Organik Tulang Ikan merupakan inspirasi usaha kreatif kerajinan tangan dari limbah organik yang sagnat sesuai untuk lebih dikenalkan di Indonesia. Indonesia disebut sebagai negara maritim yang mempunyai kekayaan laut yang luar biasa. Barang sisa seperti tulang belulang ikan banyak sekali dijumpai ditumpukan sampah yang merupakan limbah keluarga, mungkin saja yaitu suatu hal yg tidak terpikirkan banyaknya orang bila dihubungkan dengan barang yang dapat dibisniskan.

19.  Kerajinan Dari Bahan Limbah Organik Tulang Ayam

Kerajinan  Limbah Organik
kerajinan tangan tulang ikan

Kerajinan  limbah organik dengan beragam bentuk karya Beni (29) serta Mino (27) itu termasuk unik. Naga, burung phoenix, serta miniatur sepeda motor Harley Davidson itu disusun dari potongan tulang ayam serta ikan yang direkatkan. Naga sepanjang 1, 5 mtr., umpamanya, moncongnya tersusun dari pecahan kepala ayam yang ditambah tulang punggung puyuh. Taring naga dari tulang-tulang ikan. Bentuk lain yang pernah mereka bikin adalah sosok monster, ikan, serta kapal.

20.  Kerajinan Dari Bahan Limbah Organik Kulit Buah Durian

Kerajinan Tangan Dari Bahan Limbah Organik
kerajinan limbah kulit durian

Tidk hanya buahnya yang disukai banyak orang, kulitnya  pun diburu oleh sebagai besar orang yang mengerti akan seni kerajinan tangan. Perhatikan gambar diatas kerajinan dari kulit durian diatas sangat bermanfaat dan menambah koleksi kalian.

21.  Kerajinan Dari Bahan Limbah Organik Petai Cina

Kerajinan Limbah Organik  kulit lamtoro
limbah organik kulit lamtoro

Tidak hanya dapat digunakan sebagah bahan makanan ternyata kulitnya juga dapat dimanfaatkan sebagai furnitur, atau bahan  kerajinan tangan yang sangat bagus, tanaman itu sangat banyak sekali ditemukan dilingkungan sekitar, kulitnya hanya dibuang begitusaja, ya tanaman  ini adalah tanaman lamtoro.

22.  Kerajinan Dari Bahan Limbah Organik Biji Karet

Kerajinan Limbah Organik Biji Karet
kerajinan dari biji karet

Selain untuk bibit tanaman baru sebagai bahan tanaman, biji karet nyatanya mempunyai beberapa manfaat lain yang dapat menambah penghasilan. Cangkang biji karet bisa dijadikan arang aktif atau bahan pencampur obat untuk mengusir nyamuk bakar. Selain itu bisa dijadikan juga untuk kerajinan tangan dari bahan limbah organik.

23.  Kerajinan Dari Bahan Limbah Organik Kulit Jeruk Bali

Kerajinan Tangan Dari Bahan Limbah Organik
kerajinan dari kulit jeruk

Saat ini, permainan mobil-mobilan serta masak-masakan yang berasal dari kulit jeruk bali sangatlah langka. Sudah jarang sekali menjumpai anak-anak bermain dengan benda-benda tersebut, karena kemajuan jaman.

24.  Kerajinan Dari Bahan Limbah Organik Biji Kopi

Kerajinan Tangan Dari Bahan Limbah Organik
kerajinan tangan dari biji

Banyak sekali manfaat biji yang satu ini, biasa disajikan dalam bentuk minuman, biji kopi ini dapat juga di buat sebagai kerajinan  limbah organik yang unik serta menarik untuk kita. Kerajinan dari bahan biji kopi merupakan kerajinan  bahan organik yang mudah dibuat. Serta dapat memberikan keuntungan dengan dapat menjualnya.

25.  Kerajinan Dari Bahan Limbah Organik Batang Pohon Pisang

Kerajinan Tangan Dari Bahan Limbah Organik
kerajinan tangan dari tanaman pisang

Tanaman pisang adalah tanaman yang terdapat hampir di semua kepulauan Indonesia serta sampai kini cuma digunakan pada bagian buah serta daunnya saja. Tetapi apakah anda mengetahuiapakah kalian tahu? Bahwa ditangan orang terampil, batang pisang ini dapat di buat jadi beberapa produk kerajinan limbah organik yang bernilai jual tinggi serta disukai oleh pasar internasional. Batang pohon pisang ini merupakan bahan kerajinan tangan dari limbah organik pembuatannya pun cukup mudah.

26.  Kerajinan Dari Bahan Limbah Organik Batang Daun Singkong

Kerajinan  Limbah Organik Batang Daun Singkong
kerajinan dari batang daun singkong

Masih ingat saat kamu masih kecil, yang sering memainkan permainan semacam ini?
Maian dari batang daun singkong seperti pada gambar diatas sudah tidak lagi diminati mereka lebih asuk bermain dengan gadget mereka. Padahal ini merupan langkah atau cara untuk membuat anak menjadi lebih kreatif, dengan belajar memanfaatkan apa yang ada dilingkungakn sekitar menjadi benda-benda yang lebih berharga.

27.  Kerajinan Dari Bahan Limbah Organik Kulit Kacang Tanah

Kerajinan  Limbah Organik Kulit kacang
kerajinan kulit kacang

Peribahasa kacang lupa sama kulitnya
asalah tidak lupa saja kalian dengan kulit kacang, coba kalian perhatikan barang-barang diatas, apabila ditaru didalam kaca makan kan memikat mata orang yang memandang, tanpa disangka kulit kacang dapat dibuat menjadi bahan kerajinan seperti pada gambar diatas, hanya butuh orang yang teliti dan tekun untuk menghasilkan kerajinan seperti gambar diatas.

28.  Kerajinan Dari Bahan Limbah Organik Kulit Kacang Arab

Kerajinan Limbah Organik kilit kacang arab
Kerajinan dari limbah organik kulit kacang arab

29.  Kerajinan Dari Bahan Limbah Organik Kacang Kedelai

Kerajinan Tangan Dari Bahan Limbah Organik
kerajinan biji kedelai

Kerajinan  limbah organik berikutnya memiliki bahan baku dari biji-bijian kacang kedelai. Jenis bahan organik kacang kedelai jumlahnya banyak dan sangat melimpah selain digunakan membuat tahu, tempe serta oncom, ternyata bisa dijadikan juga sebagai jenis kerajinan tangan yang unik serta menawan.

30.  Kerajinan Dari Bahan Limbah Organik Daun Pandan

Kerajinan Tangan Dari Bahan Limbah Organik
kerajinan daun pandan

Daun pandan sangat banyak manfaatnya, selain dipakai untuk parfum, daun pandan nyatanya dapat juga digunakan untuk bikin  kerajinan tangan dari bahan limbah organik yang begitu cantik.

31.  Kerajinan Dari Bahan Limbah Organik Daun Kering

Kerajinan Limbah Organik
Kerajinan Tangan Dari Bahan Limbah Organik
Bentuknya sederhana namun apabila dilihat dari kejauhan benda-benda seperti ini ternyata memiliki daya tarik tersendiri, dengan memanfaatkn bahan-bahan sampah atau libah dapat menciptakan hiasan rumah

32.  Kerajinan Dari Bahan Limbah Organik Daun Mangga

Kerajinan Tangan Dari Bahan Limbah Organik
kerajinan tulang daun

Mengolah  limbah organik menjadii barang bernilai pasti akan mendapatkan keuntungan dengan  meningkatkan nilai jual. Daun tanaman pohon mangga yang dikira sampah sebenarnya dapat dipakai untuk dijadikan kerajinan limbah organik. Sampai kini kita cuma mengkonsimsi buah nya saja, kesempatan ini kita bakal memakai daun nya. Bila kita ingin memakai dengan baik, bagian daun mangga kering dapat jadi aset yang bernilai. Cuma butuh sedikit biaya serta kreativitas mennjadikannya kerajinan dari bahan organik yang mudah dibuat.

33.  Kerajinan Dari Bahan Limbah Organik Daun Sirsak

Kerajinan Tangan Dari Bahan Limbah Organik

Tamanan sirsak selain daunnya dijadikan sebagai obat herbal, bisa juga dijadikan sebagai kerajinan tangan dari limbah organik serta cara pembuatannya cukup mudah. Kita hanya tinggal memperoses nya dengan cara m engeringkan hinggal tinggal tulang-tulangnya saja kemudian diberi pengawet dan pengeras. ditambah sedikit hiasan akan menghasilkan kerajinan yang memiliki nilau  jual tinggi


34.  Kerajinan Dari Bahan Limbah Organik Daun Kering 2 (Chinar)

Kerajinan Tangan Dari Bahan Limbah Organik
lukisan dari daun

Ide kreatir seniman seni lukis maupun seni ukir pada permukaan yang keras serta lebar atau besar dapat dikatakan sebagai sesuatu yang sudah menjadi umumBanyak seniman yang mengukir dan melukis di atas permukaan kanvas atau batu, marmer dsb. Tetapi berbda dengan  orang yang dapat melukis serta mengukir di atas daun. Seni ukir daun ini datang dari negeri gorden bambu, China. Seni ukir daun ini bisa dikatakan merupakan salah satu jenis kerajinan limbah organik.

35.  Kerajinan Dari Bahan Limbah Organik Daun Pisang

Kerajinan Tangan Dari Bahan Limbah Organik
kerajinan organik tanaman pisang

Kerajinan sampah organik yang mudah dibuatBahan dasar pembuatannya adalah daun pisang yang telah kering, lantas buat pola-pola  pada daun pisang dengan pensil. polanya berupa segitiga (pola ini di untuk buat di menjadikan mahkota bunga) membuat pola nya pakai gunting yah janganlah pakai cutter supaya tidak jadi acak acakkan. buat sejumlah yang dikehendaki (satu tangkai bunga buat satu pola saja).

Demikian contoh Kerajinan Limbah organik beserta gambarnya

Comments